Powered by Blogger.
Monday 1 August 2016

Yoo man pembahasan kali ini tentang MERCHANDISING yang biasa SALESMAN atau MD lakukan di toko/outlet, langsung aja gan..

1. DEFINISI

MERCHANDISING adalah seni dalam melakukan penataan produk sesuai dengan standart atau ketentuan yang telah ditentukan yang dapat menimbulkan aspek keindahan sehingga adanya ketertarikan konsumen untuk membeli dan memenuhi kebutuhannya. 


2. PRINSIP MERCHANDISING
  • Visible ( mudah terlihat )
  • Accesible ( Murah diraih/dijangkau )
  • Convenient ( lebih menyenangkan )
  • Attractive ( lebih tertarik )

3. KEY SUCCES MERCHANDISING
  • Avaibility ( ketersediaan produk )
  • Stock Presure ( banyaknya produk )
  • Category Grouping ( pengelompokkan kategori )
  • Facing ( tampilan )
  • Shelf Number ( jumlah shelfing )
  • Stock Condition ( kondisi stok, no Out Of Stock/OOS )
  • Stock Rotation ( perputaran stok produk )
  • Merchandising Material ( material POSM )

4. TANTANGAN MERCHANDISING

Bagaimana produk yang kita pajang bisa menciptakan sebuah value???

Pemahaman konsep A-I-D-A dalam merchandising:

ATTENTION - INTEREST - DESIRE - ACTION

  • ATTENTION = Pajanglah produk ditempat yang menjadi perhatian konsumen
  • INTEREST = Setelah adanya perhatian/attention dari konsumen, display produk ditata dan mampu menarik minat konsumen untuk melihat lebih dekat.
kuncinya : melakukan dress up produk dilengkapi dengan POS dan banded gimmick ( apabila ada ).
  • DESIRE = Setelah melihat produk kita yang menarik, timbul hasrat untuk membeli
kuncinya :
- Konsumen mulai melihat produk apa yang menyita perhatiannya
- Keunggulan produk tersebut,
- Membandingkan dengan produk sejenis.
  • ACTION = Mengarah konsumen melakukan tindakan/membeli produk tersebut.
beberapa hal konsumen memutuskan untuk membeli :
- Coba - coba, karena melihat produk cukup menarik
- Ada hadiahnya, sehingga menguntungkan buat konsumen
- Karena konsumen benar - benar membutuhkan produk tersebut setelah melihat keunggulannya.

nah ada 1 hal lagi yang menjadi tantangan untuk MERCHANDISING adalah terbenturnya dengan SOP, Planogram, sewa  lah ini lah itu lah, solusinya ya itulah pintar pintarnya kita menjalin relationship dengan pihak toko..hehehe

sekian untuk artikel ini, semoga membantu,, hikss

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Text

Sharing Ilmu Retail Supermarket © 2013 Published By Gooyaabi Templates Supported by Property Marketplace - Best Blogger Templates and Premium Blog Templates